Alarmy – Alarm Android Terbaik, Canggih, dan Unik

Susah bangun pagi walau sudah pasang alarm?
Sudah setting beberapa alarm, tetapi tetap saja kesiangan?

Kalau seperti itu sih, ‘berbahaya’ juga, apalagi untuk yang berpuasa. Bisa-bisa telat sahur.
Atau mungkin kita ada jadwal penting di pagi hari, dimana harus bisa bangun pagi tanpa telat, maka hal ini bisa menjadi masalah serius.

Untuk kita pengguna Android, ada aplikasi alarm unik gratis yang mungkin bisa menjadi solusi, namanya Alarmy (Sleep If U Can).

Tidak seperti alarm Android biasa, dengan aplikasi ini, saat alarm berbunyi, tidak bisa kita matikan begitu saja.

Untuk mematikan alarm ini kita harus menyelesaikan ‘tantangan’ terlebih dahulu. Memotret objek tertentu, menjawab beberapa soal matematika, mengguncang-guncangkan HP beberapa kali, atau scan barcode/QR-code tertentu. Jika tidak, maka jangan harap alarm akan berhenti sebelum baterai HP habis.

Sebenarnya, aplikasi ini tidak ‘sejahat’ itu juga kok. Cara atau ‘tantangan’ untuk mematikan alarm bisa kita pilih sendiri, dan tingkat kesulitannya pun bisa kita atur sesuai keinginan kita.

Ada 5 (lima) cara mematikan alarm:

alarm_default_Screenshot_2016-06-16-05-31-38 _fmin

Pilihan metode mematikan alarm

  1. Default
    Cara default. Cara ini adalah alarm dengan metode biasa, seperti alarm bawaan pada Android. Saat alarm berbunyi, dapat dimatikan dengan cara biasa.

 

alarm_default_progress_Screenshot_2016-06-16-05-31-44 _fmin

Tampilan pilihan saat alarm “Default” berbunyi

  • Take a picture
    Dengan cara “Take a picture” ini, untuk dapat mematikan alarm, kita harus memotret objek tertentu, sesuai dengan yang kita tentukan sebelumnya. Misal kita sebelumnya menentukan objeknya adalah wastafel di dapur, maka untuk mematikan alarmnya kita harus pergi ke dapur dan memotret wastafel tersebut. Jika tidak, alarm akan tetap berbunyi hingga baterai habis.

    alarm_picture_off_Screenshot_2016-06-15-21-40-06 _fmin

    Mematikan alarm dengan memotret objek

     

    alarm_picture_off_proses_Screenshot_2016-06-15-21-40-14 _fmin

    Ambil foto dari objek yang sesuai agar alarm mati

  • Shake
    Dengan cara “Shake” ini, kita bisa mematikan alarm dengan cara mengguncangkan-guncangkan handphone sebanyak sekian kali, misal 30 atau 60 kali guncangan, barulah alarm bisa berhenti berbunyi. Jika jumlah guncangannya belum mencapai angka tersebut, alarm akan tetap berbunyi hingga baterai habis.

    alarm_shake_setting_Screenshot_2016-06-15-21-43-03 _fmin

    Kita menentukan berapa banyak ‘guncangan’ untuk mematikan alarm

    alarm_shake_off_Screenshot_2016-06-15-21-42-28 _fmin

    Tampilan saat kita sedang dalam proses mematikan alarm

  • Math problems
    Dengan cara “Math problem” ini, saat alarm berbunyi, kita akan disuguhkan beberapa soal matematika, per soal diberi waktu sekian detik (kita bisa menentukan berapa lama waktunya). Jumlah soal bisa 1 soal, atau 3, 10, atau berapapun jumlah soal sesuai yang kita tentukan. Tingkat kesulitan pun beragam, cuma penjumlahan sederhana saja, perkalian, atau kombinasinya, sesuai yang kita pilih tingkat kesulitannya. Cara ini yang paling aku suka, karena otak kita hari ‘aktif’ dahulu untuk memecahkan soal matematikanya, sehingga kita sudah benar-benar sadar.

    Tentukan tingkat kesulitan dan berapa banyak soal matematika

    Tentukan tingkat kesulitan dan berapa banyak soal matematika

    Tampilan saat alarm berbunyi dan kita sedang mengerjakan soal matematika

    Tampilan saat alarm berbunyi dan kita sedang mengerjakan soal matematika

  • Barcode/QR-code
    Dengan cara “Barcode/QR-code” ini, kita harus mematikan bunyi alarm dengan cara scan barcode atau QR-code tertentu yang sudah kita tentukan sebelumnya. Barcode/QR-code-nya bisa kita simpan di tempat yang sulit misalkan di atas lemari, sehingga kita harus memanjat lemari untuk bisa mematikan bunyi alarmnya. Hanya saja untuk fitur mematikan alarm dengan barcode/QR-code, anda harus membeli aplikasi ini yang versi berbayar (tidak gratis).

Anda mungkin berpikir “kalau terpaksa karena alarm susah dimatikan, akan aku matikan saja HP-nya, beres kan.. “.
Hehe.. Tidak semudah itu. Ada fitur agar saat alarm berbunyi, HP tidak bisa dimatikan. Nah lho 😀

Itu tadi adalah beberapa pilihan metode untuk mematikan alarm. Sedangkan untuk pilihan bunyi alarm pun juga tersedia beberapa jenis suara yang cukup keras, tidak seperti suara alarm pada umumnya. Suaranya cukup ‘mengagetkan’ 😉

Oh ya, terkait alarm ada beberapa istilah yang mungkin ada yang belum paham, akan saya bahas sedikit.

Dismiss
Maksudnya adalah mematikan alarm yang mana cara mematikannya sesuai dengan metode yang kita pilih sendiri (Default, Take a picture, Shake, Math problems, atau Barcode/QR-Code).

Snooze
Maksudnya adalah menunda alarm. Jadi kita meminta alarm untuk mati dulu sementara dan menyala lagi beberapa saat kemudian. Fitur snooze ini bisa juga kita matikan sehingga jika alarm berbunyi, kita tidak punya pilihan untuk menunda alarm. Tak ada pilihan lain kecuali mematikan alarmnya (dismiss).

Snooze duration
Menentukan berapa lama waktu penundaan alarm pada waktu kita memilih snooze saat alarm berbunyi.

Tampilan setting/pengaturan

Tampilan setting/pengaturan

 

Alarm mute duration
Saat alarm berbunyi, maka kita harus segera mematikan alarm dengan metode yang sudah kita pilih sendiri sebelumnya. Sementara kita dalam proses mematikan alarm, suara dari alarm dapat kita matikan (mute) sementara. Nah, ‘Alarm mute duration’ ini menentukan berapa lama suara alarm akan mati (mute). Jika sudah habis waktunya dan kita belum berhasil mematikan alarm, maka alarm akan kembali berbunyi. Maka itu, metode apapun yang kita pilih, cepat-cepatlah dalam mematikan alarm, sebelum alarm kembali berbunyi.

alarm_setting_mute_duration_Screenshot_2016-06-16-22-30-43 _fmin
Itulah sekilas penjelasan dari saya tentang aplikasi gratis (free) ini.  Jika berminat mencoba silakan download langsung aplikasi Alarmy (Sleep If U Can) di Google Play.

 

Sekian semoga bermanfaat, sampai bertemu lagi di posting saya yang lain.

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *