Google Keep, Aplikasi Canggih Yang ‘Terpendam’

Apakah anda sering bepergian keluar kota dan perlu banyak hal yang dipersiapkan?
Atau punya banyak hal yang perlu diselesaikan sampai bingung mana yang sudah dan mana yang belum?

Atau setidaknya sering pergi keluar membeli barang-barang keperluan?
Aplikasi Android Google Keep bisa sangat membantu. Aku memakai aplikasi ini terutama untuk dua hal yaitu sebagai check list dan sebagai catatan.

Fitur yang paling aku sukai:

1. Sebagai check list

Biasa aku manfaatkan untuk daftar barang yang aku bawa untuk bepergian. Setiap kali salah barangnya sudah masuk dalam tas, tinggal dicentang. Nama barang-barang yang sudah dicentang akan mengelompok sendiri di bawah.

Keep_2016-05-24_094832

Gambar ini diambil dari tampilan di Play Store

2. Kolaborasi atau berbagi catatan/check list bersama dengan user lain

Catatan ataupun check list yang kita punya bisa di-share (dibagi) bersama user lain sesama pengguna Google Keep. Siapa saja yang berkolaborasi bisa mengubah catatan tersebut, dan perubahan tersebut otomatis akan juga terjadi pada semua user yang lain. Salah satu diubah, semua ikut berubah.

Keep_2016-05-24_094701

Gambar ini diambil dari tampilan di Play Store

3. Cloud storage

Semua catatan kita tersimpan di storage (penyimpanan) di server Google kita, sehingga catatan kita dapat diakses dari device/HP atau komputer manapun, cukup dengan login akun Google kita. Saat kita ganti HP baru pun, catatan kita bisa langsung muncul di HP baru kita.
Untuk fitur lain sebenarnya masih sangat banyak seperti misalnya menyimpan foto, menyimpan catatan suara, mendikte dengan suara untuk diketikkan secara otomatis, menggambar, dll.
Aplikasi semacam ini sebenarnya juga banyak, seperti Evernote yang sudah terkenal terlebih dahulu, atau One Note yang lebih fleksibel. Tapi aku memilih Google Keep karena pembuatnya sama dengan pembuat Android sangat mungkin akan terus dikembangkan lagi. Aplikasinya juga ‘ringan’ dan fitur yang dimiliki sudah cukup sesuai yang kubutuhkan. Aku memakai Google Keep ini sejak fiturnya masih sangat sederhana, versi awal.

Yang tertarik bisa cek di Google Play.

Gambar ini diambil dari tampilan di Play Store

Gambar ini diambil dari tampilan di Play Store

Keep_2016-05-24_094727

Gambar ini diambil dari tampilan di Play Store

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *