Menguak Kapasitas ‘Sebenarnya’ dari Power Bank

Power BankSaya beberapa kali mendengar orang melontarkan pertanyaan “Power Bank dgn kapasitas segini bisa ngecas HP/tablet sampai berapa kali ?”.

Sebenarnya, jawabannya sangat tergantung pd kapasitas baterai HP/tablet kita, bisa berbeda pd tiap gadget.  Ada yg kapasitasnya 1.400 mAh, 1.900 mAh, 2.800mAh, dan lain-lain sangat bervariasi.

Rumus perhitungan kasarnya adalah kapasitas Power Bank dibagi dengan kapasitas gadget kita.  Misal kapasitas Power Bank adalah 5.200 mAh, sedangkan kapasitas baterai gadget kita adalah 2.500 mAh, maka berarti Power Bank tersebut dapat melakukan pengisian gadget kita sebanyak 2X pengisian.

Itu adalah perhitungan kasar, yg hasilnya kemungkinan besar tidak tepat 😀

Rumus tersebut hanya untuk memberikan pengertian dasar bahwa “berapa kali kemampuan pengisian” sebuah Power Bank adalah tergantung pada kapasitas baterai dari gadget yang diisi.

 

Perhitungan yang Lebih Tepat

Tegangan baterai pada Power Bank biasanya 3,7 Volt sedangkan untuk keperluan pengisian gadget (output) diperlukan tegangan 5 Volt.Selain konversi tegangan tersebut, juga ada yg disebut dengan power loss atau tenaga yang hilang saat proses pengisian.  Kehilangan daya ini ditentukan juga oleh jenis dan banyaknya material2 yang dilewati arus listrik dalam proses pengisian, dan lain-lain termasuk sebagian menjadi energi panas.  Power loss ini dianggap sebesar 20%.

Kita misalkan sebuah Power Bank berkapasitas 10.000 mAh, maka kapasitas sebenarnya adalah :

(3,7 V / 5 V) x 10.000 mAh = 7.400 mAh

Jika dihitung dengan power loss 20% saat proses pengisian, maka kapasitasnya adalah :

7.400 mAh – (7.400 mAh x 20%) = 7.400 mAh – 1.480 mAh = 5.920 mAh

 

Jadi kapasitas yang sebenarnya dapat kita andalkan adalah 5.920 mAh.  Jika kapasitas baterai gadget kita 2.800 mAh maka Power Bank tersebut dapat melakukan pengisian sebanyak 2X, dengan asumsi gatget kita dalam kondisi OFF saat proses pengisian.  Karena jika gadget dalam kondisi ON, maka Power Bank selain melakukan proses pengisian baterai gadget, juga sekaligus memenuhi kebutuhan daya gadget kita yang sedang aktif tersebut sehingga daya pada Power Bank cepat terkuras.

Tips :

Untuk menghitung cepat perkiraan kapasitas mendekati sebenarnya sebuah Power Bank adalah kapasitas yang tertulis dikalikan dengan 60% atau 0.6.

 

Ada Harga Ada Rupa, Ada Harga Ada Kualitas

Selain perhitungan rumus di atas, kemampuan Power Bank juga dipengaruhi kualitas cell baterai Power Bank itu sendiri.  Power Bank dengan kualitas cell baterai yang buruk, selain biasanya memiliki kemampuan penyimpanan daya yang lemah, biasanya umur pakainya juga pendek misal baru beberapa kali siklus pengisian Power Bank, baterai Power Bank tersebut sudah drop.

 

 

~ written by Fajar Mukti ~

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *