Otak Kita Dapat Dimanipulasi Dalam Hal Pengambilan Resiko

Dalam salah satu episode acara televisi BRAIN GAME sekitar beberapa bulan lalu membahas tentang ‘manipulasi otak dalam hal pengambilan resiko‘.  Pesan dari episode ini menurut saya cukup penting, sehingga saya ingin berbagi pada yg mau dibagi   🙂

Pada tayangan tersebut, untuk menjelaskannya mereka melakukan simulasi dalam sebuah permainan yang melibatkan keberanian mengambil resiko, dimana ada dua tim yang mengikuti permainan tersebut.

Pada Tim 1, sebelum memulai permainan, diperlihatkan video yang menampilkan cuplikan-cuplikan pendek dari film action yang terus berganti-ganti dengan sangat cepat.

Pada Tim 2, sebelum memulai permainan, diperlihatkan video yang menampilkan tayangan yang tenang seperti ombak tenang di pantai, dan tidak berganti-ganti tayangan dengan cepat seperti pada Tim 2.

Kemudian kedua tim bertanding pada sebuah permainan dimana tiap anggota pada tim bebas apakah ingin ‘bermain sangat berani ambil resiko‘, ‘bermain sangat aman‘ atau diantaranya.

Pada awalnya Tim 1 seakan bisa mendapatkan nilai tinggi, namun selalu gagal karena terlalu berani mengambil resiko. Namun hasil akhirnya adalah Tim 2 menang telak atas Tim 1.  Tim 1 cenderung bermain aman dan mengambil resiko yang ‘diperhitungkan’.

Ternyata tanyangan video yang diperlihatkan pada Tim 1 sebelum memulai permainan, membuat tiap anggota pada Tim 1 sangat berani ambil resiko, bahkan terlalu berlebihan, sehingga hanya berhasil mendapatkan nilai kecil dalam permainan.

Sedangkan tayangan video yang diperlihatkan pada Tim 2 sebelum memulai permainan, membuat tiap anggota pada Tim 2 lebih bermain aman dan mengambil resiko yang diperhitungkan, sehingga berhasil mendapatkan nilai akhir tinggi dalam permainan.

Salah satu pesan pada akhir acara tersebut adalah

Sebelum kita mengambil keputusan penting, kita bisa melihat tayangan video pemandangan yang tenang, atau mendengarkan musik tenang, agar otak kita bisa lebih jernih berpikir dan tidak ‘termanipulasi’ untuk terlalu berani atau sembarangan dalam ambil resiko.

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Farhan berkata:

    Bagi video yg ombak sama action itu pls…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *