Panduan, Hanya Dalam 5 Menit Langsung Paham Memilih Laptop/PC

Anda ingin membeli laptop atau PC, tetapi bingung memilih yang mana?
Membaca spesifikasinya pun membuat bingung bagi awam.
Melihat panduan memilih laptop, seringkali masih susah memahami.
Oke, semoga artikel ini bisa membuat Anda memahami spesifikasi laptop atau PC yang dijual dan bisa memilih yang tepat sesuai yang Anda butuhkan.
Dalam spesifikasi laptop atau PC, biasanya yang paling ditonjolkan oleh penjual adalah spesifikasi prosesor, memory (RAM) dan storage (harddisk). Apa sih peran ketiga hal tersebut terhadap kinerja komputer ? Sebaiknya spesifikasi yang bagaimana yang kita pilih ? Kalau dana pas-pasan, mana yang kita utamakan? Prosesor, memory atau harddisk ?
Untuk mendapatkan jawabannya, kita perlu memahami peran prosesor, memory dan harddisk terhadap kinerja komputer.  Bagi awam dalam bidang komputer tentu sulit memahaminya.  Namun dalam artikel ini saya mencoba menjelaskan dengan pendekatan cara lain, cara yang sangat sederhana yaitu dengan perumpamaan.

Perumpamaan

Kita umpamakan sebuah sistem komputer lengkap sebagai sebuah “Perusahaan Ekspedisi” seperti JNE, TIKI, PT POS, Wahana, dll.
  • Prosesor dapat diumpamakan sebagai truk pengiriman barang.
  • Jumlah core (inti) prosesor dapat diumpamakan sebagai banyaknya jumlah truk pengiriman yang dipunyai untuk operasional pengiriman.
  • Kecepatan prosesor dapat diumpamakan sebagai kecepatan laju truk.
  • Kecanggihan prosesor dapat diumpamakan kecanggihan mesin dan kelihaian pengemudi.
  • Besarnya Memory (RAM) dapat diumpamakan sebagai besarnya kapasitas pengangkutan pada truk.
  • Storage (harddisk) dapat diumpamakan sebagai gudang penyimpanan yang di dalamnya terdapat banyak rak dan sekat.
Proses yang berlangsung pada komputer misal menghitung dengan aplikasi kalkulator, mengetik di aplikasi perkantoran, main game, melihat video, pengolahan database, browsing internet, dan lain-lain dapat diumpamakan sebagai ‘proses pengiriman barang’ pada “Perusahaan Ekspedisi”.

Idealnya,.. Prosesor Canggih, Cepat, Banyak Core dengan Memory (RAM) dan Storage (Harddisk) yang Berkapasitas Besar

Kecepatan prosesor tinggi dan prosesornya cukup canggih, ibarat “Perusahaan Ekspedisi” yang memiliki truk pengiriman yang mampu melaju cepat, mesin canggih dan sopir yang lihai.
Memory (RAM) besar, ibarat truk pengiriman tersebut mempunyai kapasitas pengangkutan yang besar sehingga sekali jalan mampu mengangkat barang dalam ukuran besar atau jumlah banyak.
Storage (harddisk) besar, ibarat mempunyai gudang besar sebagai tempat penyimpanan barang yang akan dikirim ataupun tempat transit yang mampu menampung barang sangat banyak.

Prosesor Biasa atau Lemot, dengan RAM Besar

Ibarat truk pengiriman dengan kapasitas pengangkutan barang yang banyak/besar dalam sekali jalan, namun laju kendaraannya lambat, mesinnya tidak canggih dan pengemudinya kurang lihai. Hal ini berakibat kinerja “Perusahaan Ekspedisi” menjadi lambat.

Prosesor Cepat dan Canggih, Namun dengan RAM Kecil

Ibarat truk pengiriman yang dapat melaju cepat, mesin canggih dan pengemudi lihai, namun jumlah barang yang dapat diangkut dalam sekali jalan tidak banyak atau kecil. Akibatnya jika barang yang harus dikirimkan banyak, terpaksa tidak bisa dikirim dengan sekali jalan, melainkan harus beberapa kali jalan. Hal ini juga mengakibatkan kinerja “Perusahaan Ekspedisi” menjadi lambat, karena proses tidak bisa dilakukan dalam sekali jalan.
Pada komputer, jika RAM kecil maka solusi oleh sistem operasi adalah mengambil sebagian dari kapasitas harddisk untuk ‘diperbantukan‘ menjadi RAM tambahan.
Diperbantukan’ pada “Perusahaan Ekspedisi” dapat diumpamakan sebagian rak penyimpanan pada Gudang (harddisk) diambil, diberi roda dan disambungkan ke belakang truk pengiriman dengan tujuan menambah kapasitas pengangkutan barang dalam sekali jalan pada truk pengiriman.
Namun dapat dibayangkan, sebuah truk diberi gandengan rak pengangkut di belakangnya, sudah pasti akan membuat laju truk pengiriman menjadi lambat dan manuvernya tidak maksimal. Hasil akhirnya, tetap saja kinerja “Perusahaan Ekspedisi” menjadi lambat.

Peran Harddisk dan Core prosesor

Harddisk pada komputer ibarat gudang pada “Perusahaan Ekspedisi”. Makin besar harddisk maka makin banyak aplikasi dapat dipasang dan makin juga data dapat disimpan pada komputer. Jika harddisk kecil, dapat memanfaatkan harddisk eksternal yang tentunya dengan konsekuensinya.
Core pada prosesor ibarat banyaknya truk yg dimiliki oleh “Perusahaan Ekspedisi”. Makin banyak truk, tentu makin banyak barang yang dapat dikirimkan bersamaan, sehingga “Perusahaan Ekspedisi” dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat.
Secara teori, prosesor dengan banyak core bisa mengerjakan banyak proses secara bersamaan. Sebagai contoh, sebuah proses perkalian angka pada aplikasi kalkulator di sebuah komputer, memerlukan 12 proses (low level) pada prosesor. Anggaplah kita menggunakan prosesor dengan 4 core (inti), maka perhitungan awam adalah pada prosesor tersebut sekali ‘jalan’ bisa menyelesaikan 4 proses sekaligus. Jika total ada 12 proses pada prosesor 4 core (12 proses / 4 core = 3 ‘jalan’), maka seluruh proses tuntas dalam 3 kali ‘jalan’ (istilahnya adalah ‘clock tick’, diindikasikan pada kecepatan prosesor dalam Herzt atau Hz).
Berarti komputer dengan prosesor 4 core kinerjanya adalah 4 kali lipat kecepatan prosesor yang hanya memiliki core tunggal ?
Secara kasar perhitungannya seperti itu, namun pada kenyataannya tidak. Tidak selalu semua core pada prosesor selalu dapat dimanfaatkan bersamaan, bergantung pada tiap proses secara spesifik. Pada contoh di atas ada sebuah proses pada aplikasi yang memerlukan 12 proses pada prosesor. Bisa jadi di antara 12 proses tersebut ada sebagian proses mengharuskan proses sebelumnya selesai dahulu baru dapat melakukan proses selanjutnya. Misalkan proses ke-5 harus tuntas dahulu, baru proses ke-6,7,8 boleh dilakukan, maka pada saat proses ke-5 prosesor hanya menggunakan 1 core saja, sedangkan core yang lain ‘nganggur’.

Kesimpulan

  • Prosesor dengan spesifikasi rendah akan membuat seluruh kinerja komputer rendah.
  • RAM kecil akan membuat seluruh kinerja komputer rendah.
  • Jika dana pas-pasan, utamakan pilih prosesor yang baik. Untuk RAM secukupnya saja, rencanakan untuk ditambah jika sudah ada dana lagi.
  • Harddisk kapasitas besar memang baik, namun secara umum bukan pertimbangan utama.
  • Harddisk rata-rata sekarang sudah 500GB, sudah sangat cukup untuk user pada umumnya. Jika kurang, ada alternatif untuk menggunakan harddisk external.
  • Pada akhirnya semua kembali pada kebutuhan user dan kesiapan dana.
Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *