SHUTDOWN, SLEEP dan HIBERNATE… Apa sih bedanya ?

SHUTDOWN, SLEEP dan HIBERNATE

Apa sih bedanya?

Dalam komputer dengan OS Windows ada pilihan seperti itu, apa sih bedanya?

SHUTDOWN

Seluruh aplikasi ditutup, semua hardware pada komputer dimatikan, isi memory (RAM) pun hilang. Saat komputer dinyalakan lagi, semua akan dimulai dari awal.

SLEEP

Seluruh aplikasi dibiarkan tetap apa adanya, semua hardware pada komputer dimatikan *terkecuali* isi memory (RAM). Isi RAM dipertahankan dengan tetap memberikan suplai listrik agar isinya tidak hilang.

Saat komputer dinyalakan lagi, maka kondisi terakhir komputer kita akan kembali seperti saat sebelum sleep (seluruh aplikasi yg aktif, tampilan, dll), karena isi RAM masih dipertahankan. ‘Sleep’ ini mengkonsumsi listrik walaupun sangat kecil.

HIBERNATE

Proses ini mirip dengan ‘Shutdown’ yaitu mematikan total seluruh hardware pada komputer. Hanya saja, sebelum mematikan komputer, seluruh isi memory (RAM) akan dicopy ke dalam harddisk (dalam Windows nama filenya HIBERFIL.SYS).

Saat komputer dinyalakan lagi, setelah komputer siap, maka isi RAM akan dikembalikan lagi dengan cara membaca dari harddisk (HIBERFIL.SYS), sehingga kondisi terakhir komputer kita akan kembali seperti saat sebelum komputer dimatikan. Seluruh aplikasi yg aktif, tampilan, dll akan sama persis.

‘Hibernate’ ini tidak mengkonsumsi listrik sama sekali, tetapi hanya membutuhkan space harddisk yg besarnya sama dengan ukuran RAM untuk menyimpan file HIBERFIL.SYS

 

Saya sendiri biasanya SHUTDOWN cuma pd saat weekend, sedangkan saat hari kerja cukup HIBERNATE, supaya esok paginya tidak perlu start dr awal lagi, buka aplikasinya satu per satu lagi, buka file satu per satu lagi.. kelamaan.. 🙂

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *