Wisata Saygon Waterpark

Tanggal 17 Maret 2018, saya dan keluarga mengunjungi wisata Saygon Waterpark.  Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang wisata ini.  Sebenarnya wisata ini sudah mempunyai situs web resmi milik mereka yang memuat informasi yang cukup lengkap, namun saya ingin berbagi dari sudut pandang saya sebagai pengunjung.

Wisata ini berlokasi di Sengon, Purwosari, Kab. Pasuruan, Jatim, Indonesia.  Pada hari libur dan weekend buka mulai jam 8.00 dan tutup jam 17.00, senin libur, hari lain buka mulai jam 9.00 dan tutup jam 17.00.  Karcis parkir untuk mobil Rp. 5 ribu.  Harga tiket masuk pada weekend dan hari libur nasional adalah Rp. 50 ribu per orang.  Untuk orang di atas 70 tahun dan anak kecil dengan tinggi 90 cm atau kurang, mendapatkan fasilitas masuk gratis.

Permainan-permainan air yang ada sangat diutamakan buat anak-anak, dan insya Allah aman.  Sewa pelampung kapasitas satu orang seharga Rp. 15 ribu, dan Rp. 20 ribu untuk pelampung dengan kapasitas dua orang.  Pelampung ini cocok digunakan di kolam arus, sehingga kita hanya naik saja di pelampung yang akan terus berjalan sendiri didorong oleh arus.

Untuk Kolam Ombak, diaktifkan jam 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00.  Kita naik di atas pelampung, kemudian pada jam-jam tersebut, air akan berguncang hebat, ibarat air pada cangkir raksasa yang kita goncang-goncangkan.  Kolamnya landai.  Kami tidak mencoba masuk di Kolam Ombak, karena kakak tidak berani, lebih memilih main perosotan saja.

Kebersihan menurut saya sudah lumayan.  Hanya saja di beberapa tempat, tampak terlihat sedikit kemasukan tanah.  Mungkin karena di pinggiran sekitar kolam ada tanaman-tanaman, sehingga ada sebagian tanah yang masuk ke dalam kolam.  Namun menurut saya tidak terlalu kotor dan tidak mengganggu.

Oh ya, buat yang ingin berenang serius, juga disediakan Kolam Renang Olympic, kolam renang dengan desain seperti yang digunakan untuk pertandingan renang.  Jadi misal mau memanfaatkan untuk berlatih renang serius, bisa memanfaatkan kolam renang ini secara gratis, jika kita sudah mempunyai karcis masuk Saygon Waterpark.

Selain permainan air, juga ada wahana lain seperti Simulasi Penerbangan, Simulasi Cockpit, dan bioskop 6 Dimensi.  Saat itu saya melihat ada serombongan anak menaiki ‘pesawat’ yang ada tepat di atas kolam renang.  Untuk simulasi penerbangan harga tiketnya Rp. 20 ribu, dan Simulasi Cockpit seharga Rp. 30 ribu.

Tentang makanan, di dalam tersedia foodcourt.  Saya membeli paket bakso campur + minuman teh botolan kemasan 350 ml, harga Rp. 15 ribu per paket.  Untuk makanan dari luar, tidak ada larangan membawa snack/makanan ringan secara legal.

Buat sholat juga disediakan musholla di dekat ruang ganti, dan ada juga di dekat lapangan parkir.  Saya tidak sempat mencoba sholat di musholla di situ, jadi tidak tahu bagaimana kondisinya.

Nah, selanjutnya adalah tentang penginapan.  Bagi yang suka menginap mungkin bisa menginap di sini.  Saya sendiri belum sempat mencoba, namun sudah survey dan mencari sedikit informasi.  Ada empat jenis penginapan yaitu Container, Saygon Inn, Saygon Cottage, dan Airplane Suite.

Container merupakan container yang ‘disulap’ menjadi penginapan, kapasitas dua orang.  Saygon Inn ada yang berkapasitas dua orang dan ada juga yang tiga orang.  Saygon Cottage berkapasitas empat orang.  Airplane Suite berkapasitas dua orang saja dan hanya tersedia satu unit.  Airplane Suite ini cukup unik juga, yaitu sebuah pesawat (entah asli atau bukan) yang isinya dimanfaatkan menjadi kamar tidur dan ruang makan, sepertinya asyik dan romantis. 

Saya sempat melihat lokasi Saygon Cottage dan Airplane Suite, di pinggirnya langsung ada sawah.  Pasti menyenangkan pagi-pagi minum kopi sambil menikmati suasana sawah.  Untuk lokasi Saygon Inn juga cukup menyenangkan dan nyaman, ada dalam sebuah bangunan utama.  Sedangkan Container saya belum sempat melihat lokasinya.

Di dalam brosur tidak disebutkan fasilitas AC, tetapi menurut informasi petugas yang ada di loby penginapan, bahwa semua penginapan dilengkapi dengan AC.

Sebagai informasi tambahan, saat itu di sekitar lokasi sedang proses pembangunan, mungkin masih diperluas lagi entah penginapannya atau wahananya.

Saya sendiri berkeinginan suatu saat bisa menginap di sini.  Bagi yang menginap juga disediakan tiket gratis masuk ke Saygon Waterpark sejumlah sesuai dengan kapasitas orang per kamar.  Jika keluar dari area parkir, tak jauh ada Resto yang bisa ditempuh tanpa kendaraan.  Jika membawa kendaraan, juga ada Rumah Makan Anda jarak tak lebih dari 5 menit berkendara.  Di dalam lingkungan penginapan juga ada resto, tapi saya tidak tahu jam buka (jam operasional) jam berapa sampai jam berapa.

Saygon Waterpark ini juga berada dalam manajemen yang sama dengan Kebun Kurma.  Bulan maret 2018 ini sedang ada promo beli dua tiket masuk Saygon Waterpark mendapatkan gratis satu tiket masuk ke Kebun Kurma.

Kalau saya sendiri bersama istri, anak umur 6 tahun dan anak umur 3 tahun, merasa sangat puas.  Jika Anda penasaran, silakan coba sendiri.

Bagikan/Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *